Sejarah
Replika Benz
Motorwagen 1886.
Kendaraan
pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand
Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm
untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah
model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.
Tahun 1752, Leonty
Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan
bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer.
Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.
Kendaraan
tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan
sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan
pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling
dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di
Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896
oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun
1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.
Kepopuleran
Penemuan
Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Perancis, dan
penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick
menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada
awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi
multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang
ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin
dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan
mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804
Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS
tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya
sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya
mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir
bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz
pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5
November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak.
Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS.
Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap,
listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin
pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi
skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902,
dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam
periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat
cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya
bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan
utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles
Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi
independen, dan rem empat ban.
Ford Model T
adalah salah satu mobil pertama yang harganya terjangkau konsumen (1927).
Pada tahun 1930-an,
kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering
diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam
peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul
beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah
1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling
bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi
berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi
sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk
pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk
produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada
mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan
mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya
"Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama
kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry
Bliss pada 13 September 1899 di New York City.
Setiap tahun
lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu
lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi
mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan
(seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah
dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil
memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali
berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati
setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal
memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar.
Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor
Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan
panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes
standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang
dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun
peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi,
di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh
sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa.
Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020.
Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Kemungkinan bagian utama
- Mesin
- Karburator atau injeksi bahan bakar
- Pompa bahan bakar
- Konfigurasi mesin: Wankel atau mesin piston (V, inline, flat).
- Unit kontrol elektronik
- Sistem pembuangan
- Sistem ignisi
- Self starter
- Alat Kontrol emisi
- Turbocharger dan supercharger
- Mesin depan
- Mesin belakang
- Mesin tengah
- Radiator
- Ancillary power - mekanik, elektrik, hidraulik, hampa udara
- Penggerak
- Transmisi (kotak gigi)
- Transmisi manual
- Transmisi semi-otomatis
- Transmisi otomatis
- Layout
- FF layout
- FR layout
- MR layout
- RR layout
- Drive Wheels
- 2 wheel drive
- Penggerak 4 roda/4 wheel drive
- Front wheel drive
- Rear wheel drive
- All wheel drive
- differential
- Limited slip differential
- As Roda /axle
- Live axle
- Rem
- Rem cakram
- Rem drum
- Sistem rem anti terkunci/ Anti-lock braking sistem (ABS)
- Electronic brake-force distribution (EBD)
- Sensotronic brake control (SBC)
- Brake assist (BA)
- Hill descent control (HDC)
- Stand-by brake
- Kontrol kestabilan
- Roda dan ban
- Roda khusus
- Setir
- Rack and pinion
- Ackermann steering geometry
- Sudut Castor
- Sudut Camber
- Kingpin
- suspensi
- MacPherson strut
- wishbone
- Double wishbone
- multi-link
- torsion beam
- Semi-trailing arm
- as roda
- Bodi
- Zona benturan/Crumple zone
- Konstruksi Monocoque (unibody)
- Suicide doors
- spoiler
- Perlengkapan interior
- Passive safety
- Sabuk pengaman atau seat-belt
- Kantung udara
- Kunci pengaman anak
- Dashboard
- Takometer
- Speedometer
- Shifter for selecting gear ratios
- Perlengkapan tambahan seperti stereo, pendingin udara, cruise control, telepon mobil, positioning systems, pemegang gelas, dsb.
- Perlengkapan luar
- Jendela
- Power window
- Windshield
0 comments:
Post a Comment